Belajar Seni Optimasi Seo Blog Untuk Pemula

Belajar Seni Optimasi Seo Blog Untuk Pemula

Setiap blogger pemula sering kesulitan belajar tentang ilmu seo. Mereka sudah menerapkan berbagai cara untuk optimasi seo blog namun hasilnya tetap tidak memuaskan. Hal tersebut disebabkan karena mereka tidak menggunakan satu teknik seo blog. Banyaknya artikel tentang cara membuat seo, cara kerja seo dan cara optimasi seo menjadikan blogger pemula berubah-ubah teknik seo yang diterapkan pada blog.
Satu tambahan artikel tentang seo dari saya akan semakin menambah pilihan yang ada di google. Saran saya untuk blogger pemula adalah jangan belajar tentang cara kerja dan optimasi seo. Cukup memilih template blogger yang seo friendly. Selanjutnya anda fokus posting artikel blog yang berkualitas dan bermanfaat.
Memang betul tidak ada yang salah jika ingin belajar tentang seo blog. Namun perlu di ingat bahwa tujuan anda ngeblog itu untuk apa. Jika bukan untuk membuka layanan jasa seo profesional jangan lebih jauh cukup kulitnya saja.

Bagaimana Cara Kerja Seo Blog?

Seo adalah istilah untuk optimasi mesin pencarian. Kepanjangan seo adalah search engine optimation.
Dari istilah seo saja, anda sudah bisa menjawab cara kerja seo blog.
Yipz, cara kerja seo adalah optimasi blog untuk meningkatkan visibility(keterlihatan) di mesin pencarian.
Asoy dwah, sekarang anda sudah mengetahui gambaran umum cara kerja seo blog. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara membuat seo pada blog?.
Sebelum anda benar-benar mendapatkan jawaban dari pertanyaan di atas, mari saya tunjukkan bagian umum dari seo.
Secara umum, seo terbagi ke dalam dua bagian yaitu seo off page dan seo on page. Saya lebih memilih pendekatan pada seo off page yang merujuk pada template blogger. Hal tersebut bertujuan agar blogger pemula bisa fokus untuk menghasilkan uang dari blog.
Pendapat saya tersebut relevan dengan algoritma google terbaru. Dalam pembaharuan algoritma google terbaru disebutkan bahwa blog yang mobile friendly dan pagespeed tinggi akan diprioritaskan di posisi serp. Apa artinya? Itu berarti ada di wilayalah template blogger.
Kalau urusan template blogger, anda tinggal membeli template blogger yang seo friendly. Selesai pekerjaan seo off page anda.
Ya gak gitu juga keles, kira2 begitu kata para master seo. Seo satu untuk page 1 google. Seyyem dweh, namanya juga jagoan seo pastilah mudah membuat page one google. Berbeda dengan saya yang susah payah masuk halaman page one google.
Hanya ada kesamaan antara mastah seo dengan pemula yaitu tidak sanggup tembus halaman pertama google dalam waktu singkat. Mastah seo juga butuh proses berbulan-bulan untuk page 1 google. So, kalau begitu apa bedanya dong antara blogger pemula dengan mastah seo?
Konsisten. Yups jagoan seo konsisten pada teknik seo blog. Sedangkan blogger pemula sering bergonta ganti teknik seo pada blog. Uhuyy.

Cara Membuat Seo Blog Di Blogger | Blogspot

Sekarang kita masuk pada bahasan cara membuat seo di blogger atau blogspot.
Yang perlu digaris bawahi adalah seo off page sama dengan template blogger seo friendly. Sedangkan seo on page adalah kualitas postingan artikel.
Mungkin anda sedikit kesal dengan mastah seo yang tidak pernah membuka rahasia teknik seo yang digunakan pada blog. Woles bro, kita bisa sama-sama belajar seo blog.
Oleh karena seo terbagi ke dalam dua bagian yaitu seo off page dan seo on page maka saya bahas secara terpisah satu per satu.

Seo Off Page

Saya akan menyederhanakan pekerjaan anda. Untuk membuat seo off page yang harus dilakukan pertama kali adalah gunakan tools cek seo. Lihat hasil analisa seo blog.
Pada umumnya, tools seo blog akan memberikan penilaian seo blog. Semakin tinggi skors angka seo blog maka semakin memudahkan pekerjaan anda.
Ada banyak tools seo yang bisa digunakan seperti tools seo milik neilpatel atau bisa juga tools cek seo di blog calana bolong.
Dalam analisis tools seo blog akan diberikan hasil umum tentang seo blog. Entah mengapa selalu terjadi perbedaan hasil dari tools seo yang berbeda.
Ops hal itu memberikan sinyalemen pada kita agar fokus pada satu teknik seo blog.
Berikut ini adalah gambaran hasil tools check skors seo adalah :
1. Judul
Judul blog harus unik dan tidak lebih dari 60 karakter. Judul yang baik harus sama dengan alamat url.
2. Meta deskripsi
Panjang meta deskripsi yang baik antara 150 karakter sampai 320 karakter.
3. Meta Keywords
Meskipun meta keywords bukan penentu peringkat serp namun akan memberikan sinyalemen kuat pada google. Kan yang dicari orang itu per keywords buka per judul artikel.
4. Robots
Blog yang baik harus memiliki robots txt. Hal tersebut untuk memudahkan bot google merayapi blog.
5. Sitemap
Sitemap blog akan memudahkan google membaca keseluruhan blog. Sitemap adalah faktor penting yang harus ada.
6. Tag Heading
Tag heading yang baik tidak lebih dari 30 yang biasanya dikategorikan dalam H1 sampai H6.

Seo On Page

Seo on page adalah optimasi pada halaman blog. Saya lebih menyukai optimasi seo on page karena memang harus dilakukan berulang-ulang kali.
Berikut ini cakupan seo on page adalah :
1. Judul
Judul postingan harus seo friendly yaitu harus memiliki satu atau dua keywords.
2. Struktur Heading
Struktur heading harus meliputi H1 dan H2 seterusnya.
3. Backlink
Backlink masih memegang perana penting untuk memberikan sinyal bagus kepada google.

Cara Optimasi Seo Blog

Optimasi seo pada blog dilakukan setelah kita audit menggunakan tools seo blog.
Berikut ini cara optimasi seo pada blog adalah :
1. Judul
Judul harus bersifat human dan terdiri dari satu atau dua keywords. Jangan kepanjangan dan minimal lima kata.
2. Deskripsi
Deskripsi blog harus mampu menjelaskan keseluruhan isi postingan. Deskripsi tidak lebih dari 150 karakter.
3. Keywords
Gunakan tools riset keywords agar memudahkan anda untuk mendapatkan traffic organik. Penulisan keywords harus natural jangan trrlalu padat karena bisa di anggap spam.
4. Struktur Heading
Struktur heading yang baik adalah tidak memiliki H1 lebih dari satu. H1 untuk judul. H2 untuk sub judul. H3 untuk bagian sub judul atau kesimpulan.
5. Backlink
Backling harus relevan dengan posting artikel. Ini aka sangat membantu google mempercayai situs anda. Meskipun saat ini sulit mendapatkan backling tetapi anda bisa memakai konten placement.
6. Image
Gunakan kompress image agar tidak memperlambat loading page blog. Jangan lupa gunakan alt image.
7. Kualitas artikel
Artikel dibuat dengan bahasa manusia dan sedikit untuk keperluan mesin. Gunakan pembahasan secara menyeluruh dan mendalam. Lihat jumlah kata kompetitor blog anda yang berada di page one. Kalau blog kompetitor anda terdiri dari 2000 kata maka blog anda pun harus minimal sama. Berikan kelebiha dengan memuat gambar dan video.
Bagaimana guys, apakah sudah memenuhi kebutuhan anda tentang seo. Jika tidak, tetap ikuti ya blog calana bolong.

Popular posts from this blog

Cara Menulis Artikel Seo Friendly Terbaru 2022

Jasa Seo Jakarta Murah Abizz

Cara Menulis Artikel Seo Friendly Terbaru 2019