Memulai Seo (Search Engine Optimization) Untuk Pemula

Memulai seo untuk pemula

Seo adalah perubahan atau perlakuan yang ditambahkan pada website. Tujuan seo adalah meningkatkan visibility website di google. Seo meliputi cara kerja seo, teknik seo dan optimasi seo website atau blog.
Ada banyak panduan memulai belajar seo untuk pemula sampai seo experts. Semua bisa dijadikan referensi buat anda yang sedang memulai belajar seo blog. Anda hanya memilih yang sesuai dengan karakter anda sendiri.
Seo bagi saya adalah tangga yang mengantarkan website menuju halaman puncak google. Tangga terdiri dari dua tiang utama kiri kanan yaitu seo offpage dan seo onpage. Sedangkan anak tangga adalah artikel yang anda posting.
Kedua tiang utama (seo offpage dan seo onpage) harus balance jika tidak maka jomplang dan tidak akan tercapai puncak dengan benar. Begitu pula jika kedua tiang utama tidak memiliki anak tangga(artikel berkualitas) maka tidak akan tercapai pula puncak kesuksesan.
Perumpaan diatas untuk mengantarkan kita mengerti seo secara umum. Jika sepakat denga perumpaan diatas maka akan dengan mudah mengerti seo yang akan dibahas dalam tulisan ini.

Apakah pengertian seo itu?

Pengertian seo adalah optimasi mesin pencarian atau search engine optimization. Sedangkan menurut saya seo adalah tangga yang dipersiapkan untuk menuju puncak peringkat di google. Bagian kebanyakan orang, seo adalah perubahan yang diterapkan pada website untuk meningkatkan visibility blog di google.
Pengertian seo boleh berbeda tetapi tujuan seo tetap sama yaitu masuk halaman pertama google. Jika sudah masuk peringkat halaman pertama google itu berarti sudah tercapai cara meningkatkan visibility blog di pencarian google.
Belajar seo tidak cukup sehari dua hari saja bahkan butuh waktu sampai tahunan. Lamanya waktu belajar seo karena banyak unsur yang harus diperhatikan ketika memasukkan treatment kedalam website.
Semestinya seo tidak hanya ditujukan untuk google semata karena ada juga mesin pencarian bing. Hanya saja fakta bahwa google adalah mesin pencarian terbesar didunia.

Cara kerja Seo

Seo bekerja untuk meningkatkan visibility website di pencarian google. Cara kerja seo adalah memberi sinyal positif ke algoritma google pencarian.
Algoritma google adalah sekumpulan matrik yang memfilter website yang sudah di index google. Googlebot akan merayapi website dan menentukan peringkat digoogle.
Seo bekerja dengan mengubah sedikit struktur website(offpage) dan meningkatkan kualitas konten(onpage).
Seo terbagi kedalam dua ruang lingkup yaitu offpage dan onpage. Keduanya harus diberlakukan sama agar tidak jomplang.

Cara kerja seo sebagai berikut :


  • Index. Hal yang pertam dilakukan adalah index konten ke webmasters. Oleh karena ingin di index dalam google maka website harus di google webmasters. Cukup mudah untuk meminta indexing blog yaitu dengan menyalin url lalu masuk ke inspeksi url di webmasters versi terbaru. Mintalah pengindeksan google agar dirayapi googlebot.
  • Crawling. Perayapan atau crawling dilakukan setelah indexing. Googlebot akan merayapi seluruh konten yang boleh dirayapi. Blogger bisa mengatur mana saja halaman yang boleh dirayapi dan tidak boleh dirayapi googlebot.
  • Mesin menterjemahkan keywords. Google sebagai mesin pencaria ketika menerima permintaan perayapan akan membaca keywords untuk pertamakali. Google memiliki sistem yang canggih untuk menterjemahkan berbagai keywords dari berbagai bahasa.
  • Pengelompokkan keywords. Setelah menterjemahkan keywords maka google akan mengelompokkan keywords kedalam sebuah kategori. Dari sinilah awal mula konten akan dibaca sebagai konten yang berkualitas atau tidak.
  • Relevansi konten. Google akan membaca keseluruhan isi konten yang memuat keywords. Dari sinilah google mampu membaca konten berkualitas atau tidak. Konten yang mampu membahas secara keseluruhan keywords akan mendapat sinyal positif. Akan tetapi tidak cukup itu saja, google membutuhkan sinyal dari situs perujuk dan konten keseluruhan didalam website.
  • Menampilkan konten. Proses kerja yang terakhir adalah menampilkan konten dimesin pencarian. Google akan memberikan peringkat pada konten sehingga page akan ditampilkan di halaman pertama atau kedua dan seterusnya.

Teknik Seo

Teknik seo terdiri dari dua kelompok yaitu whitehatseo dan blackhatseo. Teknik whitehatseo merupakan langkah optimasi seo yang sesuai dengan pedoman google. Teknik blackhatseo tidak mengikuti anjuran pedoman google.
Cara kerja kedua teknik seo tersebut sangat berbeda jauh. Teknik whitehatseo mengikuti anjuran google dengan melakukan optimasi situs seperti mendapatkan situs perujuk. Teknik whitehatseo mendapatkan situs perujuk secara sukarela dan relevan. Sedangkan teknik blackhatseo terkadang membuat situs perujuk bayangan yang cenderung memanipulasi pencarian.
Teknik seo mulai bekerja saat pertamakali membangun website. Teknik seo akan membangun website yang disesuaikan dengan keinginan algoritma google.
Dalam algoritma google terbaru, google menginginkan website yang mobile friendly dan pagespeed tinggi. Dengan begitu teknik seo harus menyesuaikan dengan algoritma google.
Selain pada struktur html website, teknik seo juga bekerja pada struktur html konten. Sebagai contoh adalah penggunaan alt+image untuk optimasi seo page agar halaman cepat dirayapi googlebot.

Manfaat seo

Ada banyak manfaat seo untuk website. Manfaat tersebut akan dirasakan jangka panjang. Akan tetapi jika melakukan teknik seo yang salah akan menghilangkan website dipencarian google.

Berikut adalah manfaat seo sebagai berikut :


  • Meningkatkan visibility website. Seo memiliki manfaat untuk meningkatkan visibility website di pencarian google.
  • Meningkatkan peringkat website. Peringkat website akan meningkat dipencarian google. Dari page yang diatas 6 bisa mencapai page satu bahkan top 0 page google.
  • Meningkatkan visitor. Visitor website akan meningkat seiring dengan naiknya visibility website di google.
  • Meningkatkan pengalaman pengguna. Pembaca sebagai pengguna website akan merasa nyaman ketika menavigasi situs. 

Kursus Seo

Ada banyak penyedia kursus seo baik dilakukan secara privat maupun reguler. Kursus seo akan membingbing pemula untuk mengenali seo secara cepat.
Les privat seo akan mempermudah pemula untuk menerapkan teknik optimasi seo pada website.
Tips memilih tempat kursus seo adalah sebagai berikut :
  • Alamat tempat kursus seo jelas.
  • Pengajar memiliki reputasi bagus.
  • Teknik yang digunakan whitehatseo.
  • Modul pengajaran tersedia.
  • Materi tepat sasaran.
  • Mau membantu diluar jam kursus.
  • Komunikasi mudah.
  • Ramah.
Memulai belajar seo untuk pemula membutuhkan waktu yang cukup lama. Meskipun demikian sekalinya bisa menguasai seo akan memberikan manfaat dalam jangka panjang.



Popular posts from this blog

Cara Menulis Artikel Seo Friendly Terbaru 2022

Jasa Seo Jakarta Murah Abizz

Cara Menulis Artikel Seo Friendly Terbaru 2019