Belajar Seo Untuk Pemula Terbaru 2019

Belajar seo untuk pemula terbaru 2019
Belajar seo untuk pemula terbaru 2019 - Seo terbaru 2019 relatif mudah untuk blogger pemula. Tolak ukur cara kerja seo adalah algoritma google terbaru. Tidak perlu minder dengan master seo Indonesia. Pemula dan usia blog baru pun bisa hack visitor organik dari pencarian google. Oleh karena itu saya tertarik untuk menulis tentang belajar seo untuk pemula dengan teknik terbaru 2019.
Saya adalah pemula bukan master seo Indonesia. Saya hanya ingin berusaha membuat pekerjaan sesama blogger pemula lebih mudah. Tidak bermaksud menggurui tapi hanya untuk share teknik seo blog terbaru 2019.
Sebelum ke inti tulisan yang perlu disamakan terlebih dahulu bahwa tujuan seo adalah untuk meningkatkan visibility blog di mesin pencarian terutama google. So yang akan kita lakukan adalah hack ranking Google.
Seperti yang kita ketahui bahwa google menampilkan hasil pencarian dengan meranking blog sesuai algoritma google terbaru. Itulah kunci yang harus anda pelajari untuk hack ranking serp.
Tidak ada yang istimewa dalam algoritma google terbaru kecuali mobile index dan selebihnya kualitas konten. Yang menjadi topik hangat pembicaraan adalah kualitas konten. Banyak sekali yang menterjemahkan kualitas konten sehingga pemula akan sangat bingung. Sebetulnya kualitas konten berkaitan erat dengan teknik seo on page.
Blog ini baru berumur kurang lebih sebulan. Namun ada sesuatu yang membuat saya merasa percaya diri bahwa usia blog baru bisa bersaing dengan umur blog lama. Itulah kenapa saya bilang hack ranking serp google.
Hack ranking serp google adalah sebuah cara optimasi seo on page untuk menaikan posisi blog di serp google. Tidak ada yang istimewa dalam tulisan ini kecuali penulis yang pd.
Belajar seo untuk pemula
Gambar 1
Perhatikan pada gambar 1, untuk Keywords "tips memilih jasa seo profesional" dalam blog ini ada di peringkat 30. Itu terjadi setelah ke index google. Tentu saja buat saya adalah menyenangkan meskipun di Keywords yang lebih pendek belum mendapatkan peringkat. Lalu apa yang bisa saya lakukan dengan contoh posisi keywords seperti itu.
Yups, inilah strategi saya untuk memenangkan persaingan di keywords berikutnya. Dengan keywords seperti pada gambar 1, saya bisa mendapatkan minimal dua poin penting untuk posting artikel selanjutnya yaitu tips memilih dan jasa seo. Itulah yang saya maksud membangun pondasi keywords.
Baiklah agar pembahasan tidak melebar kemana-mana, berikut ini pola belajar seo untuk pemula dengan teknik optimasi seo terbaru 2019 adalah sebagai berikut :
1. Pilih template blog seo friendly
Saya tidak akan merekomendasikan anda untuk memilih salah satu template. Ciri template blog seo friendly adalah lolos uji struktur html.
Anda jangan terpaku dengan skors yang diberikan tools cek skors seo blog. Yang terpenting adalah tidak ada yang error dalam struktur html.
2. Mobile friendly
Template yang anda gunakan harus mobile friendly. Anda bisa cek template anda dengan klik cek mobile friendly.
Kalo anda gak tertarik menggunakan template bawaan blogger, anda bisa membeli template blogger premium responsive. Ciri template blogger responsive adalah tampilan bisa menyesuaikan dalam versi dekstop maupun seluler. Itu artinya anda bisa menampilkan versi dekstop untuk mobile seluler.
Dalam template blogger yang saya pakai, saya menggunakan template sederhana bawaan blogger. Template ini tidak responsive maka saya memilih tampilkan versi seluler khusus. Jika tidak begitu akan jelek buat pagespeed.
3. Pagespeed
Pagespeed blog harus memiliki nilai tinggi yaitu harus minimal 85 tanpa pasang slot iklan ads. Jika tidak mencapai angka pagespeed tersebut ada baiknya jangan anda gunakan.
Perlu diketahui skor pagespeed dari template bawaan blogger hampir 99/100 tanpa pasang slot iklan.
Anda bisa cek pagespeed disini.
Jika ketiga poin diatas sudah anda lakukan maka langkah selanjutnya adalah optimasi seo onpage. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan visibility blog dalam waktu sekejap. Tidak ada teknik optimasi seo blog yang aneh-aneh hanya cara membuat struktur penulisan saja.
Anda bisa analisa langkah berikut ini
4. Tentukan Keywords
Tentukan keywords yang anda target. Setelah itu dalam mode incognito anda ketik keywords yang anda targetkan. Lihat hasilnya blog siapa saja yang nangkring di page one. Perhatikan judul dan karakter dari deskripsi yang tampil di setiap blog.
Anda bisa mengambil salah satu target blog yang ingin anda kalahkan. Setelah itu anda kunjungi blog tersebut dan cek berapa jumlah kata dan sub heading. Setelah anda selesai analisa blog target yang ingin anda kalahkan sekarang anda masuk ke langkah berikutnya.
5. Membuat judul
Dalam langkah ke empat anda sudah mendapatkan target blog yang ingin anda kalahkan. Sekarang tugas anda membuat judul yang lebih deskriptif.
Judul yang deskriptif akan membantu google memahami maksud judul postingan artikel. Ingat judulnya jangan sama dengan judul blog target anda karena itu akan membuat anda tetap kalah.
6. Isi artikel
Isi artikel harus berisi artikel yang ditujukan untuk google sebagai mesin pencarian, human sebagai pembaca dan advertiser sebagai iklan yang tayang di blog anda.
Isi artikel yang ditujukan untuk google hanya berada di paragraf pertama saja. Anda bisa gunakan kalimat baku yang sesuai kaidah SPOK (Subjek Predikat Objek Keterangan). Alasan sederhana adalah bot google hanyalah bot yang membaca susunan kalimat berdasarkan SPOK. Hal tersebut bisa anda perhatikan ketika browsing di chrome maka google akan memberikan pilihan translate otomatis.
Jika anda kalah di paragraf pertama maka artikel anda akan kececeran di serp. Di faragrap pertama ini harus mencerminkan isi keseluruhan pembahasan. Oleh karena google adalah bot maka jika ada nilai plus dari paragraf pertama maka akan memberi sinyal bagus untuk mendapatkan peringkat keywords di serp.
Di dalam paragraf pertama, anda bisa menuliskan judul artikel yang diberi link dari alamat url artikel lalu berikanlah kalimat pertama. Untuk kalimat pertama, anda harus mencakup satu atau dua keywords yang anda targetkan. Lalu kalimat seterusnya penjelasan dari maksud pembahasan keywords dan ditutup dengan kalimat akhir yang akan anda jadikan sebagai deskripsi. Saya pertegas kembali bahwa kalimat akhir dari paragraf pertama adalah deskripsi dari postingan artikel anda.
Masih dalam paragraf pertama, anda harus membangun link internal ke artikel yang sudah anda posting. Hal tersebut bertujuan memberikan sinyal positif ke google bahwa artikel anda memang layak dipercaya umtuk ditampilkan dipencarian google.
Paragrap kedua dan seterusnya harus bersifat human yaitu anda menulis dengan bahasa anda sendiri yang mengalir begitu saja. Saya menyarankan anda untuk menggunakan sebagian bahasa daerah. Tujuannya untuk membangun hubungan psikologis sesama satu daerah. Dan itu akan memberikan nilai lebih dimata visitor anda yang berasal satu daerah. Ingat satu provinsi itu jumlah penduduknya banyak sekali sehingga potensial anda mendapatkan hati di pembaca yang berasal dari satu daerah. Hal tersebut juga dipertegas dalam algoritma pigeon google. Mudah bukan membangun audien yang loyal. Euleuh-euleuh si borokok geuning kitunya.
7. Deskripsi postingan artikel
Hal yang tersulit dalam hack ranking keywords adalah membuat deskripsi. Sedikit keliru dari keseluruhan isi artikel akan membuat goyah ranking keywords.
Oleh karena deskripsi harus deskriptif maka penulisannya pun harus sesuai kaidah SPOK. Oya keywords anda biasakan berada dalam predikat dan objek.
Sebagai contoh adalah anda bisa mengikuti meta deskripsi di setelah preferensi penelusuran di dashboard blogger.
8. Url judul
Url judul postingan harus deskriptif dan bersifat human yang terdiri dari satu dua atau tiga keywords.
Url judul berbeda dengan judul postingan artikel. Sehingga judul bisa bersifat click bait sedangkan judul url hanya berisi dari lima kata saja.
9. Labels
Pilihlah labels yang paling sesuai dengan keseluruhan isi artikel. Kekeliruan memasukka dalam labels akan menggoyang posisi keywords dipencarian.
Setelah ke sembilan langkah tersebut maka anda sudah membangun artikel yang bisa anda harapkan untuk masuk posisi keywords yang strategis.
Cara hack posisi keywords ini bersifat untuk pemula dan saya harapkan setelah membaca artikel ini maka posisi keywords anda langsung berada di halaman ketiga(minimal) ya. Dan jika ingik masuk halaman pertama nantikan postingan saya berikutnya untuk level menengah atau ekspert.
Segini aja optimasi seo blog anda sudah bisa kompetitif di persaingan rendah. Sedangkan untuk persaingan yang berat akan saya tulis di belajar seo untuk level menengah(kalau gak lupa ya). Hehee.
Moga bermanfaat dan jika anda setelah membaca artikel ini dan hasil yang dipraktekan sesuai prediksi anda maka share lah artikel ini biar banyak manfaatnya.



Popular posts from this blog

Cara Menulis Artikel Seo Friendly Terbaru 2022

Cara Menulis Artikel Seo Friendly Terbaru 2019

Hati-hati Saat Memilih Jasa Seo